Mengapa Kita Harus Bersyukur ? (versi Kristen)

24 Sep 2010

bersyukur5Setelah mengetahui Mengapa Kita Harus Bersyukur dalam postingan sebelumnya, marilah kita lihat juga secara versi Kristen dibawah ini.

Dalam Roma 1:18-21
Dunia dewasa ini semakin penuh dengan kelaliman dan kefasikan. Premanisme, terorisme, korupsi dan kriminalitas lainnya semakin merajalela. Walaupun koruptor makin berani, pelaku seks abnormal makin banyak, perampokan-pembunuhan makin menjadi-jadi dan pecandu makin bertambah, namun Injil diberitakan luar biasa. Di China hampir setiap hari lima puluh ribu orang bertobat. Juga di Indonesia jiwa-jiwa bertambah yang diselamatkan. Walaupun banyak tekanan, banyak gereja ditutup, ada gereja yang dibakar, sulit utk membangun gedung gereja, tetapi gereja Tuhan di Indonesia bertumbuh dan berkembang.

Di dunia ini sebenarnya banyak orang mengenal Allah, termasuk orang Kristen mengenal Yesus, tetapi mereka tidak memuliakan atau bersyukur kepada Allah. Hari Minggu saja banyak orang Kristen yang tidak masuk ke gereja, padahal hari Minggu umumnya adalah hari libur.
Seorang yang mengenal Tuhan harus selalu memuliakan dan bersyukur kepada Tuhan.
Ada tiga alasan utama kenapa

kita harus selalu memuliakan Tuhan :
1. Kisah P.R. 17:25-28. Tuhan memberikan hidup dan nafas kepada semua orang, dengan tidak memandang bangsa, suku, warna kulit, gender, umur, pangkat / jabatan, harta, dll.
Kita musti bersyukur kepada Tuhan kalau kita masih hidup dan bernafas. Kalau anda dirawat di ruang ICU, berapa banyak uang yang anda keluarkan untuk membayar oksigen. Tuhan yang memberikan nafas kepada manusia setiap harinya dengan gratis. Nyawa tidak bisa dibeli di supermarket mana pun di dunia ini. Kita bisa hidup dan beraktivitas hanyalah karena kemurahan Tuhan. Tuhan juga memberikan segala sesuatu yang kita perlukan dalam hidup ini. Tuhan memberikan matahari, air, pohon-pohon yang menciptakan lingkungan yang sejuk dan bersih. Karena itu hargailah pemberian Tuhan dengan selalu bersyukur kepada-Nya.

2. Yohanes 3:16. Tuhan memberikan keselamatan dan hidup kekal
Umur manusia di dunia ini bisa 70 tahun, bisa 80 tahun, tetapi ada yang hanya 40 tahun, ada juga hanya 30 tahun. Tetapi di dalam iman kepada Yesus Kristus kita memperoleh hidup yang kekal. Umur kita di dunia terbatas, tetapi jiwa dan roh kita dapat hidup kekal sampai selama-lamanya. Karena kasih Allah yang besar di dalam Anak-Nya Yesus Kristus, kita tidak usah masuk neraka, tidak menerima hukuman dan tidak akan menderita selama-lamanya. Siapa pun yang percaya kepada Yesus tidak akan binasa tetapi beroleh hidup yang kekal. Untuk alasan ini kita musti bersyukur dan memuliakan Tuhan.

3. Roma 8:32. Tuhan memberikan cuma-cuma segala hal dalam iman dan kasih kepada Tuhan, (how shall He not with Him also freely give us all things).
Di dunia ini semua musti bayar, apalagi di kota-kota besar. Parkir saja harus bayar mahal. Tetapi dalam iman kepada Kristus, Tuhan memberikan segala sesuatu kepada kita dengan gratis. Tuhan memberikan keselamatan dengan gratis, nafas hidup dengan cuma-cuma, berkat-berkat rohani-jiwani- jasmani juga dengan gratis. Karena itu layaklah kita bersyukur dan memuliakan Tuhan.

Nah, ada 3 cara memuliakan Tuhan :
1. Muliakan Allah dengan tubuhmu. Roma 12:1, I Korintus 6:20
Allah telah membeli hidup kita dan harganya telah lunas dibayar oleh darah Yesus di Golgota. Karena itu tubuh kita harus memuliakan Tuhan. Dalam I Korintus 6:12-18 dicatat bahwa tubuh kita adalah milik Tuhan dan jangan dicemari oleh dosa tetapi gunakan untuk kemuliaan Tuhan. Tubuh kita harus dijaga dari segala pencemaran duniawi. Dijaga dengan tidak mereguk minuman keras, tidak merokok, tidak narkoba, sebab merusakkan tubuh. Dijaga dari dosa seks, dosa makanan. Makan itu memang tidak dosa tetapi menjadi budak makanan adalah dosa. Makanlah makanan yang diperlukan kesehatan tubuh. Kita harus selalu memuliakan Tuhan dengan tubuh kita.

2. Bersyukur kepada Allah dengan pujian penyembahan melalui mulut kita. Ibrani 13:15.
Semua anak Tuhan harus bisa memuji dan menyembah Tuhan. Memang ada beberapa orang beralasan tidak bisa menyanyi. Tetapi setiap kali bayi lahir, selalu ditandai dengan menangis atau bersuara yang terdiri dari nada-nada. Hal ini menunjukkan bahwa dari sejak bayi Tuhan sudah berikan kemampuan untuk menyanyi. Setiap hari kita menerima berkat Tuhan. Dan Tuhan menghendaki agar kita mengucapkan syukur dan memuliakan namaNya. Baca I Tesalonika 5:18. Jangan malu dan jangan berhenti memuliakan Tuhan dengan nyanyian. Senantiasa mulut kita memuji memuliakan Tuhan.

3. Pemberian / Korban / Pelayanan Kasih, melimpahkan syukur kepada Allah. 2 Korintus 9:12, Ibrani 13:16, Amsal 3:9.
Ternyata pemberian kasih atau korban-korban kita melimpahkan ucapan syukur kepada Allah. Ada orang memberikan korban syukur karena naik kelas, karena memasuki rumah baru, karena ulang tahun, dllsb, dan korban-korban itu melimpahkan syukur kepada Tuhan. Karena itu muliakanlah Tuhan dengan uang kita, dengan harta kita, dengan pemberian kasih kita.
Sekarang kita sedang melakukan renovasi besar-besaran gedung gereja kita. Renovasi ini dapat berjalan karena jemaat mau digerakkan Tuhan berkorban untuk pekerjaanNya. Muliakanlah Tuhan dengan pemberian/korban/pelayanan kasih anda.

Saya yakin, segala sesuatu yang anda perlukan akan Tuhan sediakan, apabila anda mau memuliakan Tuhan dengan melakukan tiga cara di atas. Zaman sekarang semua serba sulit dan mahal. Karena itu perbanyaklah syukur kepada Tuhan. Perbanyaklah waktu anda beribadah kepada Tuhan, maka saya percaya bahwa semua yang ’sulit-sulit’ itu bisa Tuhan berikan solusi, semua yang buntu Tuhan bukakan jalan, semua yang mustahil menjadi mungkin, asalkan kita percaya FirmanNya dan selalu memuliakan Tuhan. Haleluyah!

Dari Ringkasan Khotbah Pdt. M.D. Wakkary, Minggu 10 Agustus 2008 (Ibadah Raya ke-2).


TAGS Bersyukur Kristen


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post